Minggu, 27 November 2011

Indahnya Warna-Warni Kehidupan

Sungguh Alloh adalah dzat yang Maha Sempurna. Alloh ciptakan di dunia ini berjuta warna dalam kehidupan manusia. Coba saja kita bayangkan kawan, jika Alloh hanya menciptakan warna hitam dan putih…bagaimana suasana kehidupan dunia ini jadinya? Tentu tak seindah dunia yang kita lihat dan rasakan hari ini.
Dalam dunia seni, warna akan terbagi-bagi menjadi warna primer dan sekunder. Warna sekunder adalah warna dari hasil pencampuran warna-warna primer. Seperti misalnya warna oranye, warna oranye adalah hasil pencampuran dari warna merah dan kuning. Begitu juga warna ungu adalah hasil pencampuran dari warna merah dan biru. Dan masih banyak lagi warna-warna lainnya.
Kawan, menurutku setiap warna yang digoreskan Alloh melalui kuas-kuas-Nya yang sempurna memiliki karakter dan maknanya masing-masing. Kalian boleh setuju atau tidak, itu hanya pendapatku saja. Kadang, kita juga mengidentikkan suatu hal berdasarkan warna. Dari sekian banyak warna, kalian tentu sangat mengenal warna yang satu ini. Warna hasil pencampuran dari warna merah dan putih. Yup, tebakan kalian benar sekali! Merah muda, merah jambu atau warna pink begitu kita sering menyebut warna yang satu ini. Kalian hebat kawan!
Kalian tahu kawan, warna pink sering diidentikkan dengan apa? Ya, warna pink selalu diidentikkan orang dengan segala sesuatu yang romantis dan hal-hal yang berhubungan dengan perasaan yang bernama cinta.
Warna lain, seperti merah mempunyai makna berani dan semangat yang membara. Warna kuning identik dengan karakter ceria dan enerjik. Warna biru identik sekali dengan karakter cool, calm dan penuh ketenangan. Warna hijau identik dengan nafas yang memberi kehidupan bagi semesta. Juga warna-warni lain yang mempunyai karakternya tersendiri. Ada pula warna ungu yang sering diidentikkan dengan warna janda oleh orang-orang di Indonesia pada umumnya, kalau yang satu ini aku tidak bisa berkomentar kawan, sepertinya belum ada penjelasan secara ilmiah mengenai hal yang satu ini. Hehe…
Bahkan berdasarkan ilmu psikologi, warna yang kita sukai ternyata menggambarkan karakter dan kepribadian kita loh…! Hal itu wajar saja, karena seseorang cenderung akan menyukai dan berdekatan dengan hal-hal yang memiliki karakter yang sama dengan dirinya. Kalau begitu, apa warna kesukaanmu kawan? Perhatikanlah, sesuaikah dengan karakter dan kepribadianmu?!
Subhanalloh, sungguh sempurna segala ciptaan-Nya, tanpa ada cacat sedikitpun. Alhamdulillah, kita harus selalu mensyukuri segala nikmat yang dikarunikan-Nya. Begitu pun dengan nikmat penglihatan. Dengan mata ini, kita dapat melihat dunia dengan warna yang berbeda sehingga indah sekali dipandang. Bayangkan kawan, jika Alloh tiba-tiba mencabut nikmat penglihatan ini! Kita tak bisa lagi melihat keindahan alam semesta. Yang kita tahu mungkin hanya warna hitam, pekat dan kelam. Semoga dengan bersyukur, Alloh senantiasa menambahkan nikmat-Nya untuk kita.
Qousu quzahun, aku sangat suka memandangnya, menghiasi langit biru yang disinari cahaya matahari setelah tetes air hujan membasahi bumi dengan warna-warninya yang elok nan mempesona bagi siapa saja yang melihatnya. Merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu berpedaran di angkasa membentuk lukisan indah tiada tara. Ya, pelangi itu sungguh cantik kan kawan? Bagaikan tangga yang terbentang menuju negeri khayangan. Sampai-sampai mata ini tak bosan dibuatnya. “Qousu quzah fii a’yuniki…” hehe, itu sih rayuan gombal para ikhwan kali yaa…peace!!
Puji syukur tak henti-hentinya terlafazkan dari lisan para hamba yang beriman atas keagungan dan kesempurnaan ciptaan Alloh yang Maha Mulia. Warna kehidupan yang harmonis, penciptaan sesuatu yang saling berpasang-pasangan. Ada siang dan malam, ada langit dan bumi, ada matahari dan bulan, ada hitam dan putih, ada perempuan dan laki-laki. Semua membentuk sebuah lukisan kehidupan yang saling melengkapi satu sama lainnya. Fabiayyi ala irabbikuma tukadziban…
Kawan, kalian pun merupakan jutaan warna dalam kehidupanku. Tanpa kalian hidupku mungkin tak seindah saat ini. Kalian memberikan nuansa yang berbeda di setiap hari-hariku. Membuat hidupku seindah pelangi dengan berjuta warna yang berpedaran, menyatu dan melebur membentuk mozaik-mozaik dan puzzle-puzzle yang saling berkaitan satu dengan yang lain.
Seperti pelangi, yang begitu indah dengan berbagai warnanya. Begitu pun dengan hidupku, yang terhiasi dengan berbagai warna karakter dan kepribadian dari kalian dan orang-orang lain di sekelilingku yang membuat hidupku terasa indah. Terima kasih Alloh, atas segala nikmat dan karunia-Mu yang berlimpah ruah yang terkadang kami lupa mensyukurinya. Semoga kita kembali dipertemukan di taman Syurga yang penuh warna dengan sejuta pesona di dalamnya. Aamiin…
Special for Pasir-Kaktus
I love you because Alloh…!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar